Rabu, 17 November 2010

Cara memotong kuku kucing

Tidak ada patokan yang pasti  cara memegang kucing pada saat memotong kukunya. Yang terpenting kucing merasa nyaman dan meminimalkan pergerakan kucing. Selain itu juga perlu diperhatikan reaksi kucing menggigit atau mencakar, sebaiknya posisi tangan kita pada saat memegang kaki kucing agak jauh dari jangkauan mulut kucing. Bisa juga memegang kucing dengan bantuan orang lain, agar kucing lebih mudah dikendalikan.  
 
cara memegang kucing pada saat memotong kuku

   
cara memegang kucing pada saat memotong kuku

memotong kuku dengan bantuan orang lain



Memotong kuku
1. tekan telapak kaki kucing agar kuku muncul

  
cara menekan telapak kaki agar kuku muncul

2. perhatikan batas kuku dengan daging di bawahnya (quick). Potong kuku dengan jarak sekitar 1 mm dari quick. Bila terlalu dekat, akan terasa sakit.


Yang perlu diperhatikan adalah posisi  alat pemotong dengan kuku. Masing-masing alat pemotong berbeda cara penggunaannya. Prinsipnya kuku dipotong dari bawah ke atas (vertikal), bukan dari samping. Kemungkinan kuku pecah akan semakin besar bila dipotong dari samping.
 
cara memegang gunting tipe guillotine
 
memotong kuku dengan guillotine
 
memotong dengan tipe gunting
 
memotong dengan gunting kuku biasa

3. potong kuku satu persatu dengan hati-hati.

4. jangan lupa memotong kuku jempol�. Kukunya terletak lebih dekat pergelangan. Kuku empol paling jarang dipakai menggaruk, sehingga biasanya lebih panjang dibandingkan kuku lainnya. Pada beberapa kasus yang kukunya jarang sekali dipotong, kuku jempol  ini akan tumbuh melingkar dan menusuk kaki.


kuku jempol jangan lupa dipotong

5. normalnya kaki depan mempunyai 5 kuku dan 4 kuku pada kaki belakang. Beberapa kucing mempunyai jumlah jari yang berlebih yang disebut polidactyl. Kucing polidactyl bisa mempunyai 6 jari pada kaki depan.

6. potong kuku dengan jarak agak jauh dari quick (+ 1 mm). Lebih baik memotong kuku sedikit-sedikit tetapi lebih sering dilakukan (1 atau 2 minggu sekali). Dari pada jarang, tetapi sekalinya dipotong, kuku dipotong pendek sekali hingga ke dekat quick.



  sumber Kucingkita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar